Recent Posts

Thursday 21 April 2016

Contoh PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN Terkini!!!

PROPOSAL
DIALOG WIRAUSAHA
“Be An Entrepreneur To Lead The World”







KEMENTERIAN KEWIRAUSAHAAN

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

AMIKOM YOGYAKARTA

2015/2016


BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Enterpreneurship atau kewirausahaan, jika ditinjau dari maknanya secara sederhana, adalah tindakan menjadi seorang wirausaha (enterpreneur). Entrepreneur sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang berarti “orang yang melakukan suatu usaha (bisnis)”. Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumberdaya untuk mencari peluang menuju sukses. (Suryana 2003).

Seorang enterpreneur bukanlah seorang “pengusaha biasa”. Wirausahawan adalah seorang yang mengupayakan dirinya menjadi pengusaha yang mandiri, yang merintis usaha bisnisnya dari bawah. Peraih Nobel dari Bangladesh Muhammad Yunus mengatakan: “All people are entrepreneurs, but many don't have the opportunity to find that out”. Pada dasarnya, semua orang adalah wirausahawan, hanya saja banyak yang tidak memiliki kesempatan untuk mengetahui hal itu. Wirausahawan merupakan pengusaha yang dilandasi oleh etos kewirausahaan.

Hal yang paling mendasar adalah sesorang harus punya visi bisnis. Visi merupakan sesuatu yang lebih luas maknanya daripada suatu obsesi. Tetapi obsesi mampu memicu seseorang untuk merumuskan visinya. Joel Barker mengatakan “Vision without action is a dream. Action without vision is simply passing the time. Action with Vision is making a positive difference”. Visi tanpa tindakan adalah mimpi. Aksi tanpa visi hanya menghabiskan waktu. Bagi seorang enterpreneur, visi tidak boleh berhenti sebatas mimpi. Harus ada upaya untuk mewujudkannya, secara terukur dan pantang menyerah.

Visi berkaitan erat dengan mind set (pola pikir), serta gagasan atau ide. Mind set seorang enterpreneur haruslah terbentuk terlebih dahulu sebelum melangkah. Pola pikir itu akan sangat mempengaruhi proses dan hasil yang akan dicapainya kelak. Pola pikir merubah gagasan/ide menjadi sesuatu yang nyata. Diperlukan suatu kemampuan inovatif bagi seorang enterpreneur, untuk menterjemahkan gagasan/ide yang dimilikinya menjadi sesuatu yang nyata. Dalam konteks ini, pakar manajemen modern Peter F. Drucker, mengatakan, “Innovation is the specific instrument of entrepreneurship”. Inovasi merupakan instrumen khusus kewirausahaan. Hal yang paling mendasar dari hakikat kewirausahaan adalah inovasi.

Menurut Dr. Ir. Ciputra Entrepreneurship, dibentuk oleh “3L” yaitu: 1. Lahir, 2. Lingkungan, dan 3. Latihan (pendidikan). Tidak semua orang dilahirkan oleh orang tua yang mempunyai jiwa entrepreneur, begitu juga dengan lingkungan kita. Faktor latihan berupa pendidikan dapat membentuk jiwa entrepreneurship sebagai bagian dari strategi pembangunan nasional untuk melawan pengangguran, kemiskinan dan membangun kesejahteraan menuju kemandirian. Maka tidak heran jika dalam panggung politik  pilres dan Wapres 2009 lalu hampir semua pasangan calon mengampanyekan ekonomi kerakyatan hal ini terjadi karena melihat konsep ekonomi dinegeri masih belum sesuai dengan Sumber daya manusia bangsa Indonesia sehingga hasilnya masyarakat masih jauh dari kesejateraan.

Telah menjadi pengetahuan banyak pihak bahwa peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian Indonesia begitu penting. Sektor UMKM nasional dikenal memiliki karakteristik positif seperti sektor yang menyerap tenaga kerja yang besar, mengakomodasi peran masyarakat miskin dan dominan dalam struktur ekonomi. Berdasarkan data terakhir yang diperoleh, sektor tersebut memiliki jumlah pelaku usaha yang mencapai 51,3 juta unit usaha atau memiliki kontribusi sebesar 99%! Menyerap tenaga kerja 90,9 juta pekerja (97%)! Menyumbang PDB sebesar Rp2.609 triliun (55,6%)! Serta memberikan sumbangan devisa sebesar Rp183,8 triliun (20%).

Dengan ruang-lingkup usaha yang dominan beraktifitas di lingkungan ekonomi domestik, tidak mengherankan sektor UMKM selalu tampil menjadi “pahlawan” bagi perekonomian negeri ini, ketika ekonomi nasional berhadapan dengan badai krisis keuangan yang juga kerap menghantam ekonomi global. Oleh sebab itu, sangat beralasan sekali jika pemerintah dan pihak-pihak terkait mengambil posisi terdepan dalam mendorong sektor ini berkembang dengan lebih baik.

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pengangguran di Indonesia, antara lain: Pertama, jumlah pencari kerja lebih besar dari jumlah peluang kerja yang tersedia (kesenjangan antara supply and demand). Kedua, kesenjangan antara kompetensi pencari kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar kerja (mis-match), Ketiga, masih adanya anak putus sekolah dan lulus tidak melanjutkan yang tidak terserap dunia kerja/berusaha mandiri karena tidak memiliki keterampilan yang memadai (unskill labour), Keempat, terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) karena krisis global, dan Kelima, terbatasnya sumber daya alam di kota yang tidak memungkinkan lagi warga masyarakat untuk mengolah sumber daya alam menjadi mata pencaharian.

Dari kelima faktor tersebut, faktor pertama, kedua dan ketiga merupakan faktor dominan yang menyebabkan  pengangguran di Indonesia. Dari gambaran tersebut di atas maka perlu dikembangkan program-program kewirausahaan pemuda dalam rangka mempercepat penurunan angka pengangguran.

Mengingat data pengangguran pemuda masih cukup tinggi, apabila tidak memperoleh perhatian yang serius mengakibatkan masalah sosial yang cukup tinggi pula. Beberapa masalah sosial yang diakibatkan oleh tingginya pengangguran diantaranya penyalahgunaan narkoba, kriminalitas, pergaulan bebas, premanisme, trafficing, dan lain sebagainya. Kondisi tersebut akan mengganggu pembangunan di segala bidang dan stabilitas nasional.

Oleh karena itu Kami Kementerian Kewirausahaan BEM Amikom bermaksud menumbuhkan jiwa Enterpreneur  khususnya bagi mahasiswa dengan mengadakan “Seminar Dialog Wirausaha” dengan harapan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan – permasalahan diatas yaitu untuk kemandirian perekonomian bangsa indonesia.

Karena pada dasarnya mahasiswa adalah agen penggerak perubahan di negeri ini yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang harus berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh.

Oleh karena itu sudah saatnya dilakukan perubahan paradigma berpikir dikalangan mahasiswa.Yaitu dari pola pikir sempit mencari kerja setelah lulus kuliah menjadi pencipta lapangan kerja yang berbasis pada penciptaan usaha kecil dan menengah, sehingga bangsa Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan wirausaha yang dirintis sejak dari bangku kuliah. Kemampuan wirausaha merupakan modal dasar bagi seseorang yang ingin bergerak di bidang usaha tertentu. Ada sebagian orang yang percaya bahwa kemampuan wirausaha adalah bakat yang dibawa sejak lahir. Pendapat ini keliru. Kemampuan wirausaha bukanlah karena faktor bakat, tetapi juga akan timbul dan terasah melalui pengalaman – pengalaman dan pelatihan – pelatihan kewirausahaan.

B. LANDASAN KEGIATAN
1.    Tridarma Perguruan Tinggi
2.    Program kerja Kementerian Kewirausahaan BEM STMIK Amikom Yogyakarta
3.    Program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa STMIK Amikom Yogyakarta

C. TUJUAN
1.   Memperdalam dan mengembangkan pengetahuan tentang Ilmu Kewirausahaan
2.  Memberikan motivasi lebih pada mahasiswa untuk berani berwirausaha, sehingga mahasiswa tersebut menyadari akan pentingnya entrepreneur untuk kemandirian perekonomian bangsa Indonesia.
3. Mengembangkan kemampuan penalaran, konsepsional dan kreativitas sebagai wujud intlektualitasme professional mahasiswa Fakultas Ekonomi yang beritika dalam menjawab problematika kebangsaan dalam tataran nasional.

BAB II
RANCANGAN KEGIATAN

A.    WAKTU PELAKSANAAN

Hari                 : Sabtu
Tanggal           : 28 Mei 2016
Waktu             : 08:00-12.00 WIB
Tempat            : Ruang Citra 2, STMIK AMIKOM Yogyakarta

B.    BENTUK KEGIATAN

Seminar Dialog Wirausaha dengan tema : “Be an entrepreneur to lead the world “

C.    SUSUNAN KEGIATAN

Peserta dari kegiatan ini adalah mahasiswa dan mahasiswi STMIK AMIKOM Yogyakarta yang telah terdaftar. Fasilitas peserta yaitu:
·       Snack
·       Sertifikat
·       Relasi
·       Ilmu Pengetahuan

D.    SUSUNAN ACARA

Terlampir I

E.    SUSUNAN KEPANITIAAN

Terlampir II

F.    RANCANGAN ANGGARAN BIAYA

Terlampir III

BAB III

PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat, semoga proposal ini dapat memberikan banyak gambaran mengenai kerangka kegiatan dan visi mengenai pelaksanaan kegiatan Seminar Dialog Wirausaha yang diadakan oleh Kementerian Kewirausahaan BEM STMIK Amikom Yogyakarta.
Besar harapan kami dalam menyelenggarakan kegiatan ini nantinya mendapat dukungan dari berbagai pihak demi kesuksesan acara ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan petunjuk dan bimbingannya serta meridhoi kita semua.
Atas perhatian dan dukungannya, kami sampaikan terimakasih.






LEMBAR PENGESAHAN
SEMINAR DIALOG WIRAUSAHA

Yogyakarta, 09 April 2016
     
  Ketua Panitia                                                                                                   Sekretaris




Sigit Sugiharto                                                                                               Nirmalasari
     15.01.3627                                                                                                   15.11.9005
                                                            Mengetahui,
Ketua Senat Mahasiswa                      Pembina BEM                                    Presiden Mahasiswa





   Galih Anggriawan                 Kusnawi, S.Kom, M.Eng                           Achmad Ansorullah
        15.11.7131                                NIK: 190.302.112                                      13.11.7490

Menyetujui,
Plt. Pembantu Ketua Bidang
Kemahasiswaan dan Alumni
STMIK Amikom Yogyakarta





Achmad Fauzi, S.E, M.M
NIK: 190.302.022


Terlampir I
SUSUNAN ACARA “SEMINAR DIALOG WIRAUSAHA”

No
Waktu
Acara
SESI 1
1
07:30-08:00
         Login Panitia dan Peserta
2
08:00-08:10
Pembukaan
3
08:10-09:10
Seminar
4
09:10-09:40
Tanya Jawab
5
09:40-10:00
Quiz/Doorprize
SESI 2
1
10:00-11:00
Seminar
2
11:00-11:30
Tanya Jawab
3
11:30-11:50
Quiz/Doorprize
4
11:50-12:00
Penutupan
5
12:00-12:20
Logout Peserta


Terlampir  II
SUSUNAN PANITIA “SEMINAR DIALOG WIRAUSAHA”

Pelindung                   : Prof. Dr. M. Suyanto, MM
                                      Ketua STMIK Amikom Yogyakarta
Penasehat                   : Achmad Fauzi, S.E, M.M
                                      Plt. Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Alumni
                                      STMIK Amikom Yogyakarta
Penanggung Jawab   : Achmad Ansorullah                                                           (13.11.7490)
                                      Presiden Mahasiswa
Streeing Committee : Arvian Yusuf                                                                       (14.01. 3397)
                                      Menteri Kewirausahaan

Daftar Panitia:

Jabatan
Nama
NIM
No.HP
Job Description
Ketua
Sigit Sugiharto
15.01.3627
089680761570
Mengkoordinasikan kerja tiap seksi kegiatan.
Sekretaris
Nirmalasari
Bayu haryadi
15.11.9005
15.11.8844
082399687978
085783333184
Bertanggung jawab atas pembuatan proposal dan surat menyurat.
Bendahara
Sefti Berliana
Lailiya husna H.
15.11.9008
15.02.9163
085876835256
085642009282
Bertanggung jawab atas dana yang masuk dan keluar, membuat estimasi dan realisasi.
Sie Acara
R.Ikhsanul Kamil
Hastuti
A’an Nujumul M.

15.01.3502
14.11.8259
15.11.9051
085600771226
085396471090
085640321929
Mengkoordinir kinerja anggotanya dan mengatur bagaimana jalannya acara berlangsung, serta membuat daftar susunan acara.
Sie Humas
Andika devi W.
Pandi
Anna Aprillia K.

14.11.7663
15.11.9395
15.01.3599
081313682665
085602148598
081265459599
Mengkoordinir kinerja anggotanya dan bertanggung jawab untuk menghubungi pembicara serta hal-hal lainnya.
Sie Perlengkapan
L.M. Anang B.
Nanda Okta P.
Ahmad Muzadi


15.11.9122
13.61.0006
15.12.8383
085656027813
085390686540
085783386148
Mengkoordinir kinerja anggotanya, serta bertugas untuk mengatur segala perlengkapana didalam acara agar acara berlangsung lancer
Sie Konsumsi
Farhan Shodiq A.
Restu Fajri I.
Kharismah N.


15.11.9032
15.11.9215
15.11.9133
085729557855
082324202188
0811 5939 697
Mengkoordinir kinerja anggotanya, serta bertugas untuk menyiapkan konsumsi bagi peserta dan panitia.
Sie PDD
Muh. Iqbal A.
Wulan Asih
Izharuddin Malik


15.01.3620
15.02.9196
15.11.9346
088809544062
089681934026
085865408340
Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh Ketua Pelaksana. Membuat sertifikat untuk peserta, panitia dan lain sebagainya.
Sie KSK
Aulia Fathan A.
Wa Ode Mia K.
Berlia P.
15.02.9212
15.11.9006
13.12.7551
089692499662
082193285364
087739855656
Bertanggung jawab untuk mengurus masalah pendaftaran peserta dan presensi kehadiran peserta saat acara.


 Terlampir III
RANCANGAN ANGGARAN BIAYA “SEMINAR DIALOG WIRAUSAHA”

PEMASUKAN
Sumber Dana
Estimasi
Banyak
Harga Satuan
Jumlah
Pendaftaran Peserta
250
Rp. 15.000,-
Rp. 3.750.000,-
Jumlah Pemasukan
Rp. 3.750.000,-

PENGELUARAN
KESEKRETARIATAN
Estimasi
Banyak
Harga Satuan
Jumlah
Kertas A4 isi 25
25
Rp. 200,-
Rp. 5.000,-
Fotocopy
20
Rp. 250,-
Rp. 5.000,-
Print Warna
15
Rp. 1.000,-
Rp. 15.000,-
LPJ
2
Rp. 20.000,-
Rp. 40.000,-
Jumlah Pengeluaran

Rp. 65.000,-

ACARA
Estmiasi
Banyak
Harga Satuan
Jumlah
Fee Pembicara
2
Rp. 400.000,-
Rp. 800.000,-
Jumlah Pengeluaran

        Rp. 800.000,-






PUBLIKASI, DEKORASI, DOKUMENTASI
Estimasi
Banyak
Harga Satuan
Jumlah
X-Banner
1
Rp. 50.000,-
Rp. 50.000,-
Gantungan Kunci
280
Rp. 2.000,-
Rp. 560.000,-
BackDrop
1
Rp. 100.000,-
Rp. 100.000,-
Print Sertifikat
280
Rp. 5.000,-
Rp. 1.400.000,-
Card Panitia
25
Rp. 2.500,-
Rp. 62.500,-
Jumlah Pengeluaran
Rp. 2.172.000,-

KONSUMSI
Estimasi
Banyak
Harga Satuan
Jumlah
Snack Panitia
25
Rp. 7.000,-
Rp. 175.000,-
Snack Peserta
250
Rp. 7.000,-
Rp. 1.750.000,-
Snack Pembicara
2
Rp. 15.000,-
Rp. 30.000,-
Air mineral
6
Rp. 25.000,-
Rp. 150.000,-
Jumlah Pengeluaran
Rp. 2.105.000,-

PERLENGKAPAN
Estimasi
Banyak
Harga Satuan
Jumlah
Dekorasi
5
Rp. 10.000,-
Rp. 50.000,-
Jumlah Pengeluaran

Rp. 50.000,-


HUMAS
Estimasi
Banyak
Harga Satuan
Jumlah
Pulsa

Rp. 50.000,-
Rp. 50.000,-
Jumlah Pengeluaran

Rp. 50.000,-


REKAPITULASI
Pemasukan


Subsidi Lembaga
Rp. 2.000.000,-

Total Pemasukan

Rp. 5.750.000,-



Pengeluaran


Kesekretariatan
Rp. 65.000,-

Acara
Rp. 800.000,-

Publikasi, Dekorasi, Dokumentasi
Rp. 2.172.000,-

Konsumsi
Rp. 2.105.000,-

Perlengkapan
Rp. 50.000,-

Humas
Rp. 50.000,-




Sub Total

Rp. 5.602.000,-
Saldo

Rp. 148.000,-

Yogyakarta, 09 April 2016
Mengetahui,
            Bendahara BEM                                                         Bendahara Kegiatan


    Deby Utari                                                                 Sefti Berliana
     14.12.8282                                                                   15.11.9008


0 comments:

Post a Comment