Recent Posts

Friday 16 October 2015

KABUPATEN BURU "KOTA NAMLEA KOTA KAYU PUTIH" "JANGAN ABAIKAN KAYU PUTIHKU” Writer by : Nirmalasari “Anak Maluku, Kota Akeba” STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

KABUPATEN BURU "KOTA NAMLEA KOTA KAYU PUTIH"

"JANGAN ABAIKAN KAYU PUTIHKU”



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
salam muslimah :) ;) kali ini saya akan membahas manfaat kayu putih di daerah saya. lets check it out :) 

KAYU PUTIH DAN MANFAATNYA



  
  Gelam atau Kayu putih (Melaleuca leucadendra syn. M. leucadendron) merupakan poho anggota suku jambu-jambuan (Myrtaceae) yang dimanfaatkan sebagai sumber minyak kayu putih (cajuput oil). Minyak diekstrak (biasanya disuling dengan uap) terutama dari daun dan rantingnya. Namanya diambil dari warna batangnya yang memang putih.
Tumbuhan ini terutama tumbuh baik di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara, namun demikian dapat pula diusahakan di daerah-daerah lain yang memiliki musim kemarau yang jelas.
Minyak kayu putih mudah menguap. Pada hari yang panas orang yang berdekatan dengan pohon ini akan dapat membauinya dari jarak yang cukup jauh.
Kayu putih (Melaleuca cajuputi sub sp. cajuputi) tersebar secara alami di kepulauan Maluku dan Australia bagian utara. Jenis ini telah berkembang luas di Indonesia, terutama di pulau Jawa dan Maluku dengan memanfaatkan daunnya untuk disuling secara tradisional oleh masyarakat maupun secara komersial menjadi minyak atsiri yang bernilai ekonomi tinggi. Jenis tanaman ini mempunyai daur biologis yang panjang, cepat tumbuh, dapat tumbuh baik pada tanah yang berdrainase baik maupun jelek dengan kadar garam tinggi maupun asam dan toleran ditempat terbuka serta tahan terhadap kebakaran.
Penelitian P3BPTH pada Kebun Benih semai uji keturunan jenis Kayu putih di Gunungkidul diperoleh estimasi peningkatan genetik untuk rendemen minyak sebesar 21% terhadap rata-rata populasi pada kebun benih, akan tetapi bila dibandingkan dengan rendemen yang dihasilkan dari pabrik, peningkatan rendemen minyak lebih dari 100%. Terhadap kadar 1,8 cyneole, peningkatan yang dihasilkan sebesar 10%. Sedangkan untuk sifat pertumbuhan tanaman diperoleh peningkatan sebesar 15 - 20%. Dengan peningkatan rendemen minyak sebesar 100%, maka diharapkan produksi minyak kayu putih dapat ditingkatkan menjadi lebih dari 2 kali dengan luasan tanaman yang sama (Susanto, M. 2001).Pembuatan bibit dapat dilakukan secara generatif (biji) dan vegetatif.
Sebagai tumbuhan industri, kayu putih dapat diusahakan dalam bentuk hutan usaha (agroforestri). Perhutani memiliki beberapa hutan kayu putih untuk memproduksinya. Minyak kayu putih yang diambil dari penyulingan biasa dipakai sebagai minyak balur atau campuran minyak pengobatan lain (seperti minyak telon) atau campuran parfum serta produk rumah tangga lain.

  Khasiat kayu putih untuk demam, flu dan batuk


·         Siapkan daun kayu putih yang masih segar 13 gram
·         Rebus ramuan tersebut dengan volume air dua gelas hingga airnya berkurang menjadi satu gelas
·         Saring ambil airnya
·         Minum air ramuan tersebut dua kali sehari masing-masing setengah gelas

  Khasiat kayu putih untuk penyakit insomnia


·         Siapkan 9 gram kulit kayu putih yang sudah kering 
·         Rebus denga volume air dua gelas hingga airnya berkurang menjadi setengahnya
·         Saring ambil airnya
·         Minum air ramuan tersebut dua kali sehari, dan sekali minum setengah gelas

  Khasiat kayu putih untuk luka yang bernanah


·         Ambil kulit kayu putih yang masih muda
·         Kunyah kulit kayu tersebut dan tambahkah jahe dan asam jawa
·         Setelah lumat tempelkan pada luka yang bernanah tersebut
·         Lakukan dengan rutin

  Khasiat kayu putih untuk radang kulit


·         Siapkan satu genggam daun kayu putih yang masih segar
·         Cuci sampai bersih ramuan tersebut
·         Rebus ramuan tersebut dengan volume air tiga gelas sampai mendidih
·         Angkat dan biarkan hingga hangat-hangat kuku
·         Gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh bagian tubuh yang terkena radang kulit

  Khasiat kayu putih untuk sakit rematik dan nyeri tulang


·         Siapkan 9 gram daun kayu putih yang sudah kering
·         Rebus ramuan tersebut dengan volume air dua gelas hingga airnya tersisa menjadi satu gelas
·         Dinginkan
·         Saring ambil airnya
·         Minum air ramuan tersebut dua kali sehari masing-masing setengah gelas.
                                                                                    
KABUPATEN BURU PENGHASIL KAYU PUTIH



       kota Namlea (Kab. Buru) adalah salah satu daerah penghasil kayu putih yang ada di Negara Indonesia. Pohon kayu putih tumbuh subur di tanah Namlea (Kota Akeba). Cuaca panas disana membuat pohon kayu putih tumbuh subur di daerah ini. Banyak pohon kayu putih yang terhampar luas di Pulau Buru tercinta saya. Namun, tampaknya pemerintah masih memandang sebelah mata akan pohon ini sehingga tumbuhan ini terkesan diabaikan bahkan dimusnahkan untuk membangun sebuah bangunan disana. 

       Jangan abaikan kayu putih ini pak Bupati terhormat, tolong kembangkan kota Namlea menjadi lebih baik dengan memanfaatkan Kayu Putih yang tumbuh disana. kami mengharapkan pembangunan yang layak untuk kemajuan kota Namlea Kabupaten Buru. Kayu Putih di Kabupaten Maluku memang telah di akui sebagai Kayu Putih terbaik di Indonesia, namun proses pengolahannya pun masih kurang diperhatikan oleh Pemerintah, karena kayu putih adalah aset daerah tercinta saya. 

        Minyak kayu putih dihasilkan dari penyulingan daun dari pohon kayu putih. Daerah penghasil minyak kayu putih terbaik di Indonesia adalah di Pulau Buru karena khasiatnya yang lebih daripada minyak kayu putih lainnya. Diyakini minyak kayu putih dari Pulau Buru lebih hangat dan lebih berkhasiat, karena kandungan cineol-nya lebih tinggi bila dibandingkan dengan minyak kayu putih lainnya.

         Demikian blog ini saya buat atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. kritik dan sarannya sangat saya harapkan. :) :)
salam sayang buat keluarga tercinta dan kesayangan Panji Sadewo :* 


SALAM "RETE MENA BARA SEHE" :)
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 


4 comments:

  1. wlqumslam wr wb....
    saya rangkup dari berita atau cerita di atas sangat terkesan dan sngat menarik,, namun menimbulkan banyak berbagai pertanyaan dan pertnyaan yg paling menonjol di benahku yg terkait dng pohon minya kayu putih adalah toh kenapa minya kayu putih yg sangat terkenal di daerah kita khususnya Kab. Buru sangat tidak di perhatikan atau di kembangkan penuh olleh pemerintah, sehingga orang dari luar banyak mengambil keuntungan dari hasil tersebut.
    dan malahan kita menjadi pesuruh di daerah kita sendiri,, kalau di fikirkan tdk masuk akal.
    dengan mati-matian masyarakat kerja toh upahnya 1000/kilo,, dengan begitu mereka tdk pernh mengelu pdahal kalau di ekspor ke luar harganya bisa mencapai puluan juta rupiah. dan inilah ketidakadaan pemerintah dalam melihat apa yg paling berharga di negri ini.
    trimakasih atas partisipasinya untuk membalas komentar saya.

    ReplyDelete
  2. iya itu sebabnya kenapa saya menulis blog ini. saya sangat heran kenapa bapak Bupati Buru tidak mengembangkan potensi daerah kita. padahal kayu putih di Kab. Buru jelas adalah yang terbaik di negeri ini. oleh karena saya sangat prihatin dengan kondisi ini kak.

    makasih sudah berkenan membaca blog saya :)

    ReplyDelete
  3. Tanaman kayu putih dan minyak kayu putih mengingatkanku ttg Pulau Buru yg kudatangi dgn naik Ferry malam hari dari Pelabuhan Ferri Poka Kota Ambon dan tiba subuh di Pelabuhan Feri Namlea. Daerah Pelabuhan Ferry masih dlm pembangunan.Selamat membangun Namlea dan Jaya selalu.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih Unpattiku, karenamu lah sy menjadi master ekonomi pertanian di IPB. sy menjadi ir pertanian dan dosen Fak Pertanian di Unpatti tp krn kerusuhan saya pindah ke Jawa.Salam Hormatku buat masy Namlea dan masy desa2 penelitianku.

    ReplyDelete